Mengalami Amerika: Uluk Salam

Lewat kumpulan cerita “Mengalami Amerika” ini saya ingin berbagi tentang pengalaman hidup saya sehari-hari di Amerika. Semoga cerita ini menambah wawasan pembaca tentang  Amerika. Bukan cerita tentang orang-orang terkenal dari holywood atau musisi papan atas. Bukan pula tentang orang-orang penting dalam pemerintahan, bisnis, atau kepemimpinan. Ini adalah cerita tentang masayarakat kebanyakan yang memperjuangkan hidup sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan dan mengais kebahagiaan.

Sekedar informasi, saya sudah tinggal di Amerika selama lebih dari 15 tahun dengan istri dan empat anak kami di negara bagian Minnesota. Tentu saja cerita-cerita yang akan saya sajikan sering berkenaan dengan keluarga kami atau daerah kami. Keluarga kami memutuskan untuk hidup di Minnesota karena istri saya memang dari sini dan kami dikaruniai empat anak, Megan, Ingrid, David, dan Alex. Megan baru saja selesai kuliah dan sekarang kerja sebagai Life Coach. Ingrid akan masuk kuliah di University of Minnesota (UofM) awal September ini. Dia belum tahun mau ambil jurusan apa. David naik kelas 2 SMA and Alex masuk kelas 3 SMP.

Kebanyakan penduduk di Minnesota datang dari Eropa barat seperti Jerman, Norwegia, dan Swedia. Pola hidup dan pendidikan sangat diwarnai oleh penididikan system pendidikan Eropa. Beberapa tahun terakhir Minnesota menerima banyak pengungsi dari Somalia sehingga jumlah penduduk kulit berwarna menjadi semakin banyak. Jumlah penduduk dari Asia pun bertambah juga. Restoran Asia semakin mudah ditemukan begitu juga bumbu-bumbu dari Asia termasuk dari Indonesia.

Negara bagian yang menyandang sebutan “10,000 Danau” ini mengalami empat musim: Semi, Panas, Gugur, dan Dingin. Minnesota juga terkenal sebagai state (negara bagian) yang dingin walaupun tidak sedingin Alaska tentu saja. Pada musim dingin suhu bisa turun sampai minus 40 derajad Celsius dan pada musim panas bisa mencapai 38 derajad Celsius. Negara-negara bagian tetangga kami adalah North Dakota dan South Dakota di sebelah barat, Iowa di sebelah selatan, Wisconsin di sebelah timur, dan di utara kami adalah negara Kanada. Banyak orang tidak mau tinggal di Minnesota, tetapi kalau mereka sudah tinggal di sini mereka tidak mau pergi. Musim dingin memang dingin, tetapi musim lainnya sangat menyenangkan. Pembaca akan tahu lebih banyak tentang Minnesota lewat cerita-cerita yang akan saya sajikan.

Kalau ada pembaca yang ingin berbagi cerita, dengan senang hati saya akan menerima dan memuat tulisan anda. Mari kita berbagai cerita dari berbagai belahan dunia untuk membantu kita untuk bisa saling menghargai dan memahami. “Tak kenal maka tak sayang.”

Cerita pertama akan saya tampilkan secepatnya. Harap bersabar.

Oleh Api Sulistyo

Advertisements

One thought on “Mengalami Amerika: Uluk Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s