Mengalami Amerika (4): Sang Saka Pun Berkibar di Minnesota, USA

Oleh: Api Sulistyo

Setelah persiapan penuh semangat, masyarakat Indonesia di Minnesota (Minnesota Indonesia Society) menyelenggarakan pesta hari kemerdekaan NKRI yang ke 72 pada hari Sabtu, tangga 19 Agustus kemarin. Acara meriah ini adalah hasil kerja sama pengurus MIS, PERMIAS (Persatuan Mahasiswa/I Indonesia) di Minnesota dan bagian masyarakat lainnya. Seperti layaknya pesta hari kemerdekaan, kami melangsungkan upacara pengibaran bendera, menyanyikan lagu-lagu yang berjiwa patriotis, tarian tradisional dan aneka ragam lomba yang diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu, dan bahkan bapak-bapak. Dan tak lupa makan minum bersama, menikmati hidangan istimewa yang disediakan oleh para anggota.

Kata-kata tidak cukup untuk menggambarkan suasana kebersamaan dan karukunan yang kami alami dalam pesta itu. Oleh karena itu saya akan menyampaikan beberapa catatan saja berdasar keterlibatan langsung saya, serta berbagi foto yang sempat saya ambil selama pesta. Berapa foto berasal dari postingan anggota MIS lain di Facebook.

Terima kasih banyak kepada saudari Serafina Christenson dan keluarganya yang menyediakan tempat yang sangat nyaman untuk pesta ini. Taman yang tertata rapi, pohon-pohon rindang, bunga-bunga, pantai pasir putih, dan fasilitas lainnya. Warna merah putih menjadikan temat pesta menjadi lebih ‘menyala’ dan membawa energi.

Kehadiran bapak-bapak dan ibu dari KJRI Chicago menjadi pendorong kami. Selain bantuannya dengan dokumen-dokumen penting, kami juga merasa diperhatikan. Memang bukan pertama kali KJRI Chicago bertandang ke Minnesota. Kami selalu terbuka dan memberikan sambutan semampu kami.

Pusaka Jawa Band

Pengurus MIS telah bekerja keras merencanakan dan melaksankannya dengan baik serta anggota lain yang ikut membantu dalam memeriahkan hari kemerdekaan kita. Sebagai salah satu anggota Pusaka Jawa band, saya berterima kasih sudah diberi kesempatan untuk ikut ‘bikin ramai.’ Tentu dengan senang kami akan ikut memeriahkan acara MIS di masa mendatang.

Koor Ibu-ibu

Pada saat kami sedang makan-makan dan asyik ngobrol tiba-tiba terdengar koor menyanyikan lagu -nasionalis. Ternyata koor ini adalah kejutan istimewa dari para ibu yang sedang duduk-duduk di taman bagian atas. Sayang kok hanya satu lagu. Terima kasih ibu-ibu.

Kami datang dari berbagai latar belakang di Indonesia. Di sini di Minnesota kami tetap merasakan ke-Indonesia-an kami. Kami tetap kangen ngomong bahasa Indonesia. Kami tetap ‘ngiler’ makanan Indonesia. Dan kami tetap nyaman berada bersama teman-teman dari Indoneisa.

Semoga kedepannya NKRI tetap jaya dan sejahtera.

Merdeka! Merdeka! Merdeka.

Latihan Upacara

Sebelum upacara bendera

Pengibaran bendera

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s