Mengalami Amerika (7): Eastview High Marching Band – Derap Langkah Kawula Muda

Oleh: Api Sulistyo

“Pak, Eastview Marching Band akan tampil di pesta pembukaan State Fair,” David memberi tahu saya dengan bangga. David, anak kami, yang akan duduk di kelas 11 menjadi anggota marching band dua tahun terakhir. Dia bermain trombone. Sejauh saya tahu marching band SMA Eastview belum pernah tampil pada acara pembukaan State Fair. Salah satu acara paling populer di Minnesota, pada musim panas sebelum anak-anak masuk sekolah lagi. Acara State Fair berlangsung selama sebelas hari di mana pada acara ini dipertontonkan hasil-hasil terakhir dan mutakhir dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan, serta teknologi yang mendukungnya. Tentu saja ada juga aneka permainan, hiburan, dan berbagai jenis makanan. Semoga saya bisa menuliskan cerita khusus tentang State Fair di lain kesempatan.

Kembali ke cerita marching band, tentu saja saya ingin sekali menyaksikan penampilan mereka. Masalahnya, acara pembukaan itu dimulai jam 2:00 siang, pas jam kerja, hari Kamis, tanggal 24 Agustus kemarin. Kalau mau datang berarti harus meninggalkan kerja. Tetapi kesempatan ini mungkin tidak akan terjadi lagi di masa mendatang. Akhirnya saya memutuskan untuk datang ke State Fair.

Setelah memberi tahu atasan dan rekan kerja, jam 1:00 siang saya berhenti bekerja. Saya biasanya kerja dari rumah. Bersama dengan istri saya serta anak kami Alex, kami pergi ke State Fair. Supaya tidak terlambat, saya mengantar mereka ke dekat pintu gerbang dan saya cari tempat parkir. Ternyata semua tempat parkir sudah penuh. Kalau mau parkir di dekat State Fair, harus membayar antara $15 sampai $30. Setelah muter-muter beberapa gang, akhirnya saya bisa parkir agak jauh. Sekitar 1,5 kilometer.

Saya menyusul istri dan anak kami yang sudah duduk di pinggir jalan yang telah dipadati oleh ribuan pengunjung State Fair. Cuaca hari itu sangat nyaman, tidak terlalu panas dan matahari cerah. Sebentar kemudian terlihat mobil polisi yang memimpin karnaval perbukaan State Fair. Kemudian terdengar suara marching band yang semakin keras.

Paling tidak ada tiga marching band lain yang juga ikut meramaikan acara pembukaan. Tidak seperti biasanya, mereka tidak memakai dandanan yang megah meriah karena disesuikan dengan acaranya. Dandanan mereka jauh lebih santai: kaos hitam dan celana pendek. Beberapa anak memakai bandana supaya kelihatan keren. Kami bisa melihat David berjalan persis di depan kami. Kami pun memutuskan untuk mengikuti mereka dari samping, menerobos para pengunjung.

Saya tidak mengenali lagu-lagu yang mereka mainkan. Namun terasakan derap rancak alunan lagunya. Dan mereka kelihatan sangat enjoy penampilan mereka. Mereka berjalan selama sekitar 45 menit menyusuri lorong-lorong yang penuh sesak dengan puluhan ribu pengunjung yang menyambut mereka. Akhirnya mereka keluar dari area State Fair. Setelah acara marching band rampung, para pemain diberi kesempatan menikmati State Fair sampai jam 7:00 malam. Dan kami pun berada di sana selama lebih dari enam jam. Tidak tahu berapa kilometer kami berjalan hari itu. Dan saya masih harus berjalan lagi ke tempat parkir.

Terima kasih Eastview Marching Band and peserta lainnya yang ikut membuka State Fair tahun ini dengan begitu meriah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s